Hari Ini:

Kamis 16 Sep 2021

Jam Buka Toko:

Pkl 08.00 - 16.00 WIB

Telpon:

0341-578742
0852 3311 1221

SMS/Whatsapp:

+6285234089809

Email:

info@hildansafety.co.id

Anda dapat menambahkan widget disini

Pembayaran Melalui

Rek : 124-035-0277
An. HILDAN FATHONI
Rek : 144-00-1641-8912
An. PT.HILDAN FATHONI INDONESIA
Rek : 005-10-110-5646-502
An. HILDAN FATHONI

VIDEO : Proses Pembuatan Sepatu Boots PEMADAM KEBAKARAN

20 November 2015 - Kategori Blog

Simulasi Pemadam Kebakaran

Petugas pemadam kebakaran membutuhkan sepatu boot yang kuat dan mampu menahan panasnya kobaran api. Sekaligus tahan air, tahan benturan benda tumpul dan tahan tusukan benda tajam. Hal ini dikarenakan lokasi bencana kebakaran bisa saja dipenuhu dengan paku, besi dan berbagai benda tajam yang sewaktu-waktu bisa terinjak.

HILDAN SAFETY mempersembahkan dokumentasi proses produksi sepatu pemadam kebakaran bagi seluruh masyarakat di Indonesia dan mancanegara. Berikut ulasan berupa tulisan dan video mulai dari pengolahan bahan baku karet hingga menjadi sepatu boots safety yang siap dipakai.

Proses pembuatan sepatu pemadam kebakaran diawali dengan penghancuran balok karet tebal pada mesin penggiling. Balok karet tersebut digiling berkali-kali hingga hancur. Kemudian ditambahkan 30-50 jenis bahan kimia yang komposisinya disesuaikan dengan jenis sepatu boots akan diproduksi. Bahan-bahan kimia tersebut yang membuat karet sepatu boots bisa kuat dan tahan api (fire resistance) .

Karet diproses terus menerus hingga mencapai konsistensi pencampuran bahan yang tepat dan ketebalan yang dibutuhkan. Setelah karet mencapai tingkat ketebalan yang diinginkan, selanjutnya karet tersebut ditempatkan pada roller/penggiling lalu dipotong. Potongan tersebut akan menghasilkan lembaran isolasi karet (strips) untuk dipasang pada bagian belakang sepatu boots.

Potongan lain yang berwarna hitam akan dicetak menjadi sol sepatu boots. Para pekerja lalu menandai ukuran sepatu pada bagian bawah sol. Selanjutnya mereka memotong karet berwarna kuning sesuai pola, untuk melapisi besi pengaman (steel toe) pada bagian depan sepatu. Proses berikutnya pemotongan karet untuk bagian atas sepatu.

Karet yang sudah dipotong diletakkan pada cetakan sepatu lalu dilanjutkan pengeleman bagian betis dan telapak sepatu boots. Untuk mengamankan sambungan antar karet dibutuhkan tambahan lembaran isolasi karet (strips). Sehingga sepatu menjadi tahan air (water resistance) karena semua celah sudah ditutupi dengan lembaran isolasi karet (strips).

 

Pada bagian depan diberikan lembaran karet tipis dan dilapisi kembali dengan lapisan kain. Berikutnya bagian tersebut ditempatkan besi pengaman (steel toe) untuk melindungi jari kaki dari benturan benda tumpul dan tajam. Untuk melindungi telapak kaki pemakaian dari tusukan paku dan benda tajam, pada bagian bawah telapak kaki ditambahkan lembaran plat besi. Selanjutnya ditambahkan lagi foam pada bagian bawah plat besi sehingga melindungi telapak kaki dari bahaya api.

Proses selanjutnya adalah pelapisan bagian atas (betis) sepatu boots dengan foam secara menyeluruh. Lapisan terakhir adalah lembaran karet hitam dan karet kuning pada seluruh bagian atas sepatu. Pada perpotongan antar bagian kembali diberi lapisan lembaran isolasi karet (strips) hingga benar-benar tidak ada celah. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian sol terluar. Proses akhir dari produksi sepatu boots ini adalah penyedotan dengan alat vakum hingga seluruh bagian menyatu dan pemanasan hingga suhu 140 oC supaya semua lem dan komponen merekat dengan sempurna.

Keseluruhan proses panjang dalam alur produksi sepatu boots pemadam kebakaran ini mempunyai 1 tujuan utama, yaitu Proteksi Maksimal Bagi Pemakai.

Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi kami :

Mobile, SMS & WhatsApp            : 0852-3311-1221, 0852-3408-9809

Telepon Kantor                                 : +62 341-578742 (Indonesia & International)

Email                                                  : info@jualsepatusafety.com & info@hildansafety.co.id

Kantor & Gudang :

“HILDAN SAFETY” d.a CV.TELADAN GROUP INDONESIA

Jln. Moch. Rasyid No.9 B, RT.12 RW.03, Kel. Mulyorejo, Kec.Sukun, Kota Malang, Jawa Timur  – Indonesia 65147.

VIDEO PROSES PRODUKSI :