Hari Ini:

Sabtu 20 Apr 2024

Jam Buka Toko:

Pkl 08.00 - 16.00 WIB

Telpon:

0341-578742
0852 3311 1221

SMS/Whatsapp:

+6285234089809

Email:

info@hildansafety.co.id

Anda dapat menambahkan widget disini

Pembayaran Melalui

Rek : 124-035-0277
An. HILDAN FATHONI
Rek : 144-00-1641-8912
An. PT.HILDAN FATHONI INDONESIA
Rek : 005-10-110-5646-502
An. HILDAN FATHONI

Mengenal Tentang Apa Itu Produk Jual Kaca Cembung Jalan Beserta Peranan Penggunaannya

11 September 2020 - Kategori Blog

Jual Kaca Cembung Jalan – Ada banyak jenis kaca atau cermin yang kita gunakan dalam keseharian, termasuk dalam kehidupan berkendara. Adapun kaca sebagai salah satu piranti atau alat pendukung keselamatan berkendara contohnya adalah kaca spion yang ada di motor maupun mobil. Namun, ternyata juga ada jenis kaca lainnya yang juga penting digunakan saat ini dalam kehidupan berkendara di jalan raya. Yaitu, kaca cembung jalan yang bisa didapatkan di tempat jual kaca cembung jalan di kota-kota besar di seluruh Indonesia.

Mengenal Tentang Kaca Cembung Jalan
Kaca cembung jalan merupakan sebuah kaca yang berbentuk cembung yang biasanya diletakkan tegak di pinggir-pinggir jalan raya, terutamanya di jalan-jalan yang banyak tikungan atau belokan yang rawan kecelakaan, maupun di persimpangan jalan. Kaca ini berguna untuk pengguna jalan ataupun pengendara kendaraan melihat dari berbagai arah di jalanan sehingga bisa melihat penggendara kendaraan dari lawan arah atau dari persimpangan lainnya supaya terhindar dari saling tabrak atau kecelakaan.

Dapat dikatakan bahwa kaca cembung jalan ini merupakan bagian dari peralatan keselamatan. Dalam istilah bahasa Inggris jenis kaca cembung jalan ini biasanya lebih dikenal dengan nama Convex Mirror atau Convex Safety Mirror. Di tempat jual kaca cembung jalan bisa ditemui jenis kaca ini dalam berbagai macam ukuran diameter. Biasanya yang sering ditemui bentuknya bundar dengan diameter antara 60 – 80 cm. Selain itu, ada pula berbagai jenisnya yang bisa digunakan di dalam ruangan (Convex Mirror Indoor) maupun yang digunakan di luar ruangan atau jalan raya (Convex Mirror Outdoor).

Kaca cembung jalan ini terbuat dari material polikarbonat (Polycarbonate) pada bagian rangkanya. Permukaan cermin cembungnya terbuat dari bahan akrilik (Acrylic) yang anti pecah. Kaca cembung jalan ini, sesuai dengan namanya dan letak penggunaannya yang berada di pinggir jalan, maka dibuat agar tahan terhadap suhu ekstrem. Contohnya seperti panas yang menyengat dan udara dingin yang membekukan.

Peranan Penting Kaca Cembung Jalan
Peranan dari penggunaan kaca cembung jalan tak hanya sekedar kaca atau cermin biasa saja. Selain bentuk kacanya yang tidak datar seperti halnya kaca yang ada di kamar kita, kaca ini berbentuk cembung sehingga jika dilihat dari depan maka objek yang berada di sebelah kiri-kanan dan juga atas-bawah kacanya bisa kelihatan. Berdasarkan bentuknya itulah kaca cembung jalan ini mempunyai fungsinya yang begitu penting untuk digunakan di jalan raya.

Peranan yang dimilikinya, yaitu supaya pengendara dapat melihat kendaraan yang berada di jalur berlawanan dan yang ada di belokan. Intinya, alat ini sangat penting untuk mengurangi “blind spot” dari setiap pengendara yang berlawanan arah. Dengan bantuan kaca cembung jalan ini pengendara bisa mengatur posisi dan kecepatan laju kendaraan saat berada di tikungan. Marka kaca cembung jalan ini pada umumnya digunakan pada jalan-jalan sempit dan tikungan tajam yang memang diciptakan untuk meningkatkan keselamatan di jalan dengan biaya yang relatif rendah.

Dengan peranannya yang begitu penting sebagai pengingat kewaspadaan di tikungan dan keselamatan bagi pengguna jalan, maka sejatinya dibutuhkan kaca cembung jalan ini di setiap tikungan jalanan yang ada di Indonesia. Mengingat lagi tentang perilaku berkendara di Indonesia yang suka menyalip sembarangan, maka bila seandainya pengendara sudah melihat ada kendaraan lain yang berada di jalur berlawanan, sehingga setidaknya niat untuk menyalip bisa sedikit diminimalisir.

Namun, sayangnya keberadaan kaca cembung jalan ini masih tidak begitu banyak terpasang. Oleh sebab itu, bagi anda yang butuh kaca cembung jalan ini demi keselamatan pengguna jalan dan untuk mengurangi angka kecelakaan di persimpangan jalan, silahkan beli alatnya ini di tempat jual kaca cembung jalan. Demikian yang dapat disampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

, , , , , , , , , , , ,