Hari Ini:

Kamis 18 Apr 2024

Jam Buka Toko:

Pkl 08.00 - 16.00 WIB

Telpon:

0341-578742
0852 3311 1221

SMS/Whatsapp:

+6285234089809

Email:

info@hildansafety.co.id

Anda dapat menambahkan widget disini

Pembayaran Melalui

Rek : 124-035-0277
An. HILDAN FATHONI
Rek : 144-00-1641-8912
An. PT.HILDAN FATHONI INDONESIA
Rek : 005-10-110-5646-502
An. HILDAN FATHONI

Jual Cermin Cembung Jalan Raya

24 September 2020 - Kategori Blog

Jual Cermin Cembung Jalan Raya – Tahukah anda apa karakteristik yang dimiliki oleh cermin cembung sehingga cermin jenis inilah yang dipilih untuk digunakan pada spion ataupun cermin tikungan (convex mirror)?

Yaitu; memiliki sifat menyebarkan cahaya (divergen), fokusnya bernilai, memiliki jumlah ruang letak benda, bayangan selalu sama, dan bayangan benda yang terbentuk selalu maya, tegak, dan diperkecil. Dikarenakan jarak fokus dan pusat kelengkungan cermin cembung berada di belakang cermin, maka cermin cembung mempunyai tiga sinar istimewa. Ketiga sinar istimewa pada cermin cembung tersebut, yaitu;
1. Sinar yang datang menuju pusat kelengkungan cermin akan dipantulkan kembali.
2. Sinar yang datang sejajar sumbu utama pada cermin akan dipantulkan seolah-olah dari fokus.
3. Sinar yang datang menuju fokus pada cermin akan di pantulkan sejajar sumbu utama.

Dari karakteristik yang dimilikinya tersebutlah yang menjadikan cermin cembung ini dimanfaatkan sebagai cermin cembung jalan raya. Apa sich yang dimaksud dengan cermin cembung jalan raya itu?

Mungkin anda sebagai pengguna jalan atau pengendara kendaraan pernah melihat cermin besar yang tegak berdiri berada di pinggir jalan? Nah, benda inilah yang namanya cermin cembung jalan raya. Alat ini bisa dibeli di toko-toko perlengkapan keselamatan yang jual cermin cembung jalan raya.

Cermin cembung jalan raya atau yang dikenal dengan nama lain cermin tikungan, convex mirror, ataupun safety mirror merupakan alat kelengkapan tambahan pada jalan yang berfungsi sebagai alat untuk menambah jarak pandang pengemudi atau pengendara kendaraan. Alat ini umumnya dipasang di tepi jalan pada lokasi-lokasi dimana pandangan pengguna jalan sangat terbatas atau terhalang, khususnya pada tikungan tajam dan persimpangan.

Di toko tempat jual cermin cembung jalan raya tersedia berbagai macam ukuran dan jenis cermin cembung jalan raya. Ada yang untuk didalam ruangan (convex mirror indoor) maupun yang luar ruangan (convex mirror outdoor). Selain itu, di toko tempat jual cermin cembung jalan raya menyediakan cermin cembung jalan raya yang sesuai dengan standar yang diberikan oleh Dinas Perhubungan Darat yang tertera dalam Surat Dirjen Perhubungan Darat No. AJ.003/5/9/DRJD/2011, yaitu;
• Kaca cembung jalan yang dipasang dijalan haruslah yang memiliki bahan baku dengan tebal 3 milimeter dan diameter minimum 90 cm yang dapat dilengkapi dengan bingkai dan topi cermin.
• Tinggi cerminnya 2,5 meter dari permukaan tanah. Namun, selain ukuran tersebut juga dapat disesuaikan dengan hasil manajemen dan rekayasa lalu lintas di jalanan yang ditujukan.
• Setiap bahan cermin tikungan yang akan digunakan juga haruslah yang sudah lulus uji laboratorium dengan menunjukkan sertifikat uji laboratorium berskala nasional atau internasional. Bahannya bisa bukan dari kaca asli tapi dari bahan Policarbonate (kaca plastik).
• Pada bagian belakang alat kaca cembung jalannya dibubuhi stiker perlengkapan jalan yang berisi tulisan sumber pendanaan, tahun anggaran, dan isi pasal 275 UU Nomor 22/2009 mengenai Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Supaya pengendara dapat melihat kendaraan yang berada di jalur berlawanan dan yang ada di belokan, maka perlu sekali dipasang alat ini. Intinya, alat ini sangat penting untuk mengurangi “blind spot” dari setiap pengendara yang berlawanan arah, sehingga pengendara bisa mengatur posisi dan kecepatan laju kendaraan saat berada di tikungan. Marka cermin cembung jalan raya memang dibuat untuk digunakan pada jalan-jalan sempit dan tikungan tajam guna meningkatkan keselamatan di jalan dengan biaya yang relatif rendah.
Dengan kegunaannya yang begitu penting, maka sejatinya dibutuhkan cermin cembung jalan raya ini di setiap tikungan jalanan yang ada di Indonesia. Bila membutuhkan pemasangan benda ini, anda bisa mendapatkannya di toko-toko yang jual cermin cembung jalan raya.

, , , , , , , , , , , ,