Hari Ini:

Jumat 24 Sep 2021

Jam Buka Toko:

Pkl 08.00 - 16.00 WIB

Telpon:

0341-578742
0852 3311 1221

SMS/Whatsapp:

+6285234089809

Email:

info@hildansafety.co.id

Anda dapat menambahkan widget disini

Pembayaran Melalui

Rek : 124-035-0277
An. HILDAN FATHONI
Rek : 144-00-1641-8912
An. PT.HILDAN FATHONI INDONESIA
Rek : 005-10-110-5646-502
An. HILDAN FATHONI

ISTILAH DAN DEFINISI KOMPONEN SEPATU SAFETY

11 June 2014 - Kategori Blog
JualSepatuSafety.com - Komponen Sepatu Safety Shoes, HP: 0852 340 89 809

JualSepatuSafety.com – Komponen Sepatu Safety Shoes, HP: 0852 340 89 809

HILDAN SAFETY sebagai “Ahlinya Safety” terus berusaha memberikan informasi guna memberikan pemahaman menyeluruh tentang keamanan kerja kepada masyarakat. Kali ini kami akan menjelaskan berbagai instilah dan definisi yang biasa digunakan dalam industry safety shoes. Harapan kami, artikel berikut ini dapat menambah pengetahuan bagi masyarakat pengguna produk-produk keamanan kerja (safety product). Sehingga bisa memilih jenis produk yang berkualitas dan supplier yang terpercaya.

Berbagai istilah dan definisi berikut ini sesuai dengan SNI 12-7079-2005 yang dikeluarkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) tentang “Sepatu Pengaman dari Kulit dengan Sol Poliuretan dan Termoplastik Poliuretan Sistem Cetak Injeksi”.

  1. Sepatu pengaman (safety shoes) adalah sepatu kerja yang dilengkapi pengeras depan dari baja sebagai pelindung jari-jari kaki dari pukulan dan benturan serta bahaya lain yang berhubungan dengan lingkungan kerja.
  2. Sol poliuretan (PU) adalah sol dari bahan elastomer hasil reaksi poliol dari isosianat.
  3. Sol termoplastik poliuretan (TPU) adalah sol dari bahan termoplastik elastomer hasil reaksi polyester/polieter poliol dengan isosianat terutama difenil metan 4.4 diisosianat (MDI).
  4. Cetak injeksi (injection moulding) adalah proses penggabungan bagian ata sepatu dengan sol luar menggunakan mesin injeksi.
  5. Bagian depan (vamp) adalahkomponen bagian atas sepatu terletak dibagian depan, dimulai dari tumpuan lidah ke muka sampai pada ujung, menyebar ke samping berbatasan dengan kedua ujung sebelah samping.
  6. Bagian samping (quarter) adalah komponen bagian atas yang terletak di sebelah samping di mulai dari ujung yang berbatasan dengan bagian depan (vamp) sampai dengan bagian belakang, yang terdiri dari samping luar dan samping dalam.
  7. Bagian atas (upper) adalah bagian atas sepatu di atas sol, terdiri dari bagian depan, bagian samping, lapis yang direkatkan pada sol sepatu.
  8. Lidah (tongue) adalah komponen bagian atas sepatu yang disambungkan pada lengkung tengah bagian depan atau menjadi satu secara utuh dengan bagian depan.
  9. Pelisir atas (collar) adalah pita dari kulit, tekstil atau bahan lain yang dipasang di sekeliling tepi atas (leher) sepatu berfungsi memperkuat dan mendapatkan kenampakan yang baik pada tepi atas sepatu.
  10. Bis mata ayam (eyelets stay) adalah komponen bagian atas yang dipasang pada sebelah depan quarter, untuk memperkuat kedudukan mata ayam.
  11. Lapis (lining) adalah kulit, kulit imitasi atau tekstil yang melapisi bagian dalam dari sepatu.
  12. Lapisan busa (foam lining) adalah busa dari bahan karet atau plastik yang terletak di bagian depan sepatu di bawah pengeras depan, berfungsi untuk menambahkan kenyamanan pakai.
  13. Pengeras depan baja (steel toe cap) adalah pengeras depan dari baja yang dipasang pada bagian depan sepatu, berfungsi memperkuat bagian depan dan melindungi jari-jari kaki.
  14. Mata ayam (eyelet) adalahcincin dari logam atau bahan lain yang dipasang pada tepi atas sepatu, berfungsi memperkuat lubang tali sepatu.
  15. Tali sepatu (lace) adalah komponen pelengkap sepatu berbentuk tali yang dipasang pada mata ayam, untuk mengikat ujung kedua quarter.
  16. Garis tepi sepatu (feather line) adalah garis batas antara bagian atas sepatu dengan sol luar
  17. Pengeras belakang (counter) adalah komponen bagian atas yang terletak di quarter belakang, dipasang diantara quarter dan lapis samping, untuk menjaga bentuk bagian belakang sepatu selalu tetap.
  18. Sol luar (outsole) adalah bagian bawah sepatu yang kontak langsung dengan tanah.
  19. Sol tengah (midding sole) adalah bagian bawah sepatu yang menyatu dengan sol luar guna menambah kenyamanan pakai pada sol dua lapis.
  20. Sol dalam (insole) adalah bagian bawah sepatu yang terletak di bagian dalam merupakan tempat dudukan kaki dan melekatkan bagian atas sepatu dalam pengoperasian.
  21. Kembangan sol (cleated sole) adalahbagian yang menonjol dari sol luar dengan berbagai motif, berfungsi agar pemakai tidak mudah tergelincir.
  22. Tatakan (sock lining) adalahpelapis sepatu yang melapisi bagian telapak kaki.
  23. Hak (heel) adalah komponen bagian bawah yang dipasang menempel pada sol luar sebelah belakang (tumit), untuk memberi dukungan pada bagian tumit agar kedudukan sepatu menjadi kuat, serasi dan seimbang.
  24. Baja anti tusukan (penetration insert) adalah lembaran baja yang disisipkan dintara sol tengah dan sol dalam guna melindungi kaki dari tusukan.
  25. Penguat tengah (arch brace) adalah penguat yang dipasang di antara sol dalam dan sol luar pada bagian pinggang sol berfungsi memperkuat kedudukan sepatu.

Baca juga : Berbelanja di Produsen Terbaik Sepatu Safety Lokal di Indonesia