Hari Ini:

Selasa 21 Sep 2021

Jam Buka Toko:

Pkl 08.00 - 16.00 WIB

Telpon:

0341-578742
0852 3311 1221

SMS/Whatsapp:

+6285234089809

Email:

info@hildansafety.co.id

Anda dapat menambahkan widget disini

Pembayaran Melalui

Rek : 124-035-0277
An. HILDAN FATHONI
Rek : 144-00-1641-8912
An. PT.HILDAN FATHONI INDONESIA
Rek : 005-10-110-5646-502
An. HILDAN FATHONI

Berbagai Macam Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Jas Hujan

08 October 2020 - Kategori Blog

Jas Hujan – Menjelang musim penghujan, salah satu benda yang tidak boleh terlewatkan dimiliki untuk selalu dibawa adalah jas hujan. Di pasaran, sudah tersedia berbagai jenis bentuk dan model jas hujan. Harganya pun beragam, ada yang murah dan ada pula yang mahal. Perbedaan harga pada jas hujan biasanya dipengaruhi oleh merk, model, dan bahan jasnya.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai bahan-bahan yang biasanya digunakan sebagai material pembuatan jas hujan. Saat ini bahan untuk jas hujan sudah bervariasi dan makin banyak berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Diantaranya, adalah sebagai berikut;

Bahan Plastik
Merupakan salah satu bahan untuk membuat jas hujan yang dapat dikatakan cukup murah. Kelebihannya adalah jasnya sangat ringan dan praktis dipakai saat kondisi mendesak. Sedangkan, untuk kekurangannya, hanya bisa digunakan dalam jangka pendek, sebab bahannya yang mudah sobek dan tidak tahan lama.

Bahan PVC (Polymer of Vinyl Chloride)
Bahan ini juga merupakan bahan dasar untuk jas hujan yang harganya sangat terjangkau. Bahan ini masih sejenis dengan bahan plastik, ringan, tidak terlalu tebal, namun relatif sejuk saat dipakai, serta lebih kuat dan awet. Sehingga, bahan ini lebih banyak digunakan untuk pembuatan jas hujan saat ini. Meskipun lebih bagus dari bahan plastik, tapi cara perawatannya juga harus diperhatikan dngnan baik untuk membuatnya selalu awet. Jas hujan dari bahan PVC ini tidak boleh dijemur langsung di bawah terik matahari, sebab akan membuatnya kaku dan mudah sobek. Untuk menjemurnya sebaiknya diangin-anginkan saja.

Bahan parasut
Ciri khasnya adalah lebih tahan air dan angin bila dibandingkan dengan bahan PVC. Selain itu, bahan ini pun bersifat ringan dan lembut. Namun, jas hujan berbahan parasut akan memerlukan ruang lebih karena tebal. Bila membahas masalah harga, harga jas dari bahan parasut ini lebih mahal karena bahannya termasuk lebih tebal dan awet daripada bahan jas hujan lainnya.

Bahan Karet
Bahan karet untuk pembuatan jas hujan sudah mulai banyak digunakan. Bahan ini popular karena ketahanan yang dimilikinya. Selain itu, bahan ini memiliki sifat elastis, sehingga tidak mudah robek dan mampu melindungi tubuh dari air dengan baik. Namun, bahan ini juga memiliki kelemahan, yaitu cenderung panas di kulit saat digunakan. Oleh sebab itu, beberapa produsen jas untuk hujan mengakali pembuatannya dengan membuat ventilasi udara di bagian pinggang dan punggung yang juga masih tertutup.

Bahan Campuran
Selain bahan-bahan yang telah disebutkan diatas, banyak juga produsen jas hujan membuat jas untuk pelindung dari hujan dari bahan campuran dengan tujuan supaya lebih nyaman digunakan. Diantaranya, yaitu;
• Perpaduan bahan PVC dan Polyster.
Sebenarnya bahan-bahannya ini tidak dicampur secara langsung. Namun, bahan PVC dipakai untuk bagian luar atau penahan air hujan, sedangkan bagian dalam dilapisi dengan kain polyester untuk menambah kenyamanan.
• Perpaduan bahan PVC dan Karet
Bahan campuran untuk jas hujan ini memiliki sifat yang hampir sama dengan bahan PVC, namun lebih elastic.
• Perpaduan bahan Polyester oil coating
Ini merupakan bahan jas hujan dengan bahan dasar polyester yang dilapisi dengan bahan waterproof sejenis karet. Selain tahan air, ada pula jenis bahannya yang tahan api.
• Perpaduan bahan nilon campuran
Pada dasarnya jas hujan ini berbahan dasar nilon, namun ada tambahan lapisan lain pada bagian dalam jasnya hingga membuatnya lebih sejuk saat dipakai.

Itulah bahan-bahan apa saja yang sering digunakan dalam pembuatan jas hujan. Anda bisa memilih jas hujan dengan bahan yang sesuai dengan kebutuhan. Semoga informasi ini bermanfaat.

, , , , , , ,