Hari Ini:

Selasa 23 Jul 2024

Jam Buka Toko:

Pkl 08.00 - 16.00 WIB

Telpon:

0341-578742
0852 3311 1221

SMS/Whatsapp:

+6285234089809

Email:

info@hildansafety.co.id

Anda dapat menambahkan widget disini

Pembayaran Melalui

Rek : 124-035-0277
An. HILDAN FATHONI
Rek : 144-00-1641-8912
An. PT.HILDAN FATHONI INDONESIA
Rek : 005-10-110-5646-502
An. HILDAN FATHONI

Alat Keselamatan Kerja Las Pelindung Diri K3

23 November 2017 - Kategori Blog

Alat Keselamatan Kerja Las Pelindung Diri K3 – Setiap kegiatan kerja memang selalu memiliki resiko sesuai dengan kegiatan itu sendiri. Apalagi saat Anda sedang melakukan pekerjaan las . Seperti yang Anda ketahui las ini termasuk aktifitas kerja yang beresiko tinggi atau bahaya karena proses pengelasan berlangsung maka bahaya seperti asap,panas, cahaya las, dan bahaya dari aliran listrik.Oleh karena itu pastikan Anda memakai alat keselamatan las pelindung  diri  agar Anda  terhindar dari mara bahaya saat bekerja. Alat keselamatan apa saja itu ? Baik itu untuk pengelasan listrik atau las gas seperti OAW pastikan Anda menggunakan APD las sesuai standart dan lengkap.

Alat – Alat keselamatan yang dapat Anda gunakan saat mengelas adalah Topeng las, Sarung tangan las, Apron, Baju kerja, dan Sepatu Safety. Banyak orang mengetahui alatnya namun tidak begitu memahami fungsi dari alat itu sendiri. Setiap alat memiliki fungsi yang sangat penting untuk melindungi Tubuh Anda dari bahaya atau resiko kerja , meski terjadi kecelakaan kerja jika Anda menggunakan alat keselamatan hal itu dapat meminimalisir kecelakaan kerja . Untuk kami HILDAN SAFETY akan memberikan sedikit ulasan agar kita dapat mengetahui alat – alat keselamatan kerja las dan fungsinya . Jadi langsung saja berikut kami sajikan alat dan fungsinya :

  1. Pakaian kerja Las atau APRON

Apron digunakan di dada, hal tersebut guna untuk melindungi tubuh / badan Anda dari panas dan percikan las. Apron yang cocok untuk pengelasan bisanya berbahan dari kulit, hal itu karena mengingat tingginya temperatur percikan saat melakukan kegiatan las itu sendiri.

  1. Sarung Tangan Las atau Welding Gloves

Sarung tangan memang digunakan untuk melindungi kulit dan kedua tangan Anda dari percikan las atau spater sampai panas yang dihasilkam dari proses pengelasan.

  1. Helm Las atau Topeng Las/ Welding Helmet

Helm atau welding helm ini memiliki fungsi untuk melindungi bagian wajah dari panas dan percikan las dan sinar las ke bagian mata. Topeng ini berbahan plast PP (polypropylene) yang tahan panas, selain itu dilenkapi dengan lensa atau kaca.

  1. Kaca Helm Las

Kaca helm ini berfungsi melindungi mata dari cahaya las dan sinar ultraviolet saat mengelas untuk kaca ada beberapa jenis diantaranya kaca bening dan kaca hitam. Kaca las mempunyai pengkodean nomor, yaitu nomor 6, 7, 8 , 10, 11, 12 dan 14. Semakin besar ukurannya maka densitas atau kegelapan kaca tersebut juga semakin tinggi. Jadi Anda dapat menyesuaikan yang cocok dengan kondisi mata Anda. Selain itu juga ukuran ampere yang digunakan, karena ampere yang besar akan menimbulkan cahaya yang lebih terang.

  1. Sepatu las / Safety Shoes

Sepatu sebagai alas yang rata” terbuat dari bahan kulit dan bagian depan sepatu terdapat sebuah plat baja yang melindungi kaki dari kejauhan benda yang berat dan tajam. Selain itu karena bersifat isolator, sepatu yang cocok untuk las juga harus Anti Static agar dapat melindungi kaku dari sengatan listrik.

  1. Masker Las

Masker berfungsi sebagai alat perlindung pernafasan dari bahaya asap las, karena asap las berbeda dengan asap biasa. Asap las ini merupakan hasil pembakaran dari bahan kimia untuk perlindungan lasan dan juga pembakaran atau pelelehan dari material lasan. Oleh karena itu asap las ini hampir seperti serbuk bersih dan sangat membahayakan alat pernafasan kita.

Alat Pelindung Diri K3 atau keselamatan kerja dalam kegiatan  pengelasan di atas tidak akan berfungsi dengan baik jika Anda sendiri tidak mematuhi prosedur pengelasan yang biasanya sudah tersedia di setiap bengkel atau tempat kerja. Oleh karena itu mari kita budayakan etos kerja yang baik dan sesuai dengan prosedur kerja. Jika perusahaan Anda membutuhkan Alat keselamatan kerja maka kami HILDAN SAFETY akan selalu membantu Anda untuk mendapatkan alat keselamatan yang sesuai dengan aktifitas kerja Anda. Semoga bermanfaat !

Pemesanan hubungi :
+62 341-578742 ( Kantor )
0852 3311 1221 (HP & WhatsApp)
0852 3408 9809 (HP & WhatsApp)

Email :
info@jualsepatusafety.com & info@hildansafety.co.id

Website :
www.HildanIndonesia.com & www.HildanSafety.co.id

PT.HILDAN FATHONI INDONESIA :
Jln.Moch.Rasyid No.9 B, RT.12 RW.O3, Kelurahan Mulyorejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang – Jawa Timur – INDONESIA 65147.

, , , , , , , , , , , , , , , ,