Hari Ini:

Kamis 18 Apr 2024

Jam Buka Toko:

Pkl 08.00 - 16.00 WIB

Telpon:

0341-578742
0852 3311 1221

SMS/Whatsapp:

+6285234089809

Email:

info@hildansafety.co.id

Anda dapat menambahkan widget disini

Pembayaran Melalui

Rek : 124-035-0277
An. HILDAN FATHONI
Rek : 144-00-1641-8912
An. PT.HILDAN FATHONI INDONESIA
Rek : 005-10-110-5646-502
An. HILDAN FATHONI

Kenapa Sepatu Safety Baru Dipakai 1 Tahun Sudah Rusak?

07 June 2018 - Kategori Blog

Mengapa Sepatu Safety Mudah Rusak - HILDAN SAFETY

Beberapa hari kemarin ada pelanggan datang ke kantor HILDAN SAFETY di Kota Malang. Beliau mengeluh tentang rendahnya kualitas sepatu safety yang baru dia pakai, baru 1 tahun eh sudah jebol.  Konsumen lain pun ada yang mengalami hal demikian. Padahal mereka rata-rata memakai sepatu safety bermerk lho.

 

Mungkin Anda juga bertanya-tanya. Faktor apakah yang menentukan keawetan dari safety shoes?. Oke mari kita bahas satu per satu.

 

Kondisi Lingkungan Kerja

Jenis sepatu safety yang kita pakai harus menyesuaikan dengan tempat dimana kita bekerja. Ada diantara kita yang bekerja di bengkel alat berat, proyek pembangunan tol, pabrik produksi, pergudangan, perkebunan atau di dalam kantor. Jenis safety shoesnya tentu akan berbeda-beda. Misalnya untuk para pekerja proyek bisa menggunakan safety boots berbahan karet atau kulit dengan ketinggian 24 atau 28 cm dari lantai, hal ini dikarenakan kebutuhan akan perlindungan terhadap mata kaki. Untuk pekerja pabrik pengolahan baja dan pengaspalan bisa memakai sepatu safety dengan resleting (non tali dan non elastis), hal ini dikarenakan sepatu tersebut berpotensi terkena percikan api atau benda cair panas. Untuk staff yang berada di dalam kantor (staff administrasi, back office) bisa menggunakan safety shoes casual yang lebih ringan dan trendi karena potensi kecelakaannya yang kecil. Nah dari pemilihan jenis sepatu akan menentukan keawetannya, jika salah dalam menentukannya maka sepatu akan mudah rusak karena benturan benda tumpul, panas dan zat kimia yang tidak sesuai dengan bahan baku dan daya tahannya.

Jenis Pekerjaan

Pekerjaan pengangkutan di pergudangan bahan kering membutuhkan sepatu safety pendek (sekitar 9 cm, tidak menutup mata kaki) dan ringan. Hal ini karena mobilitas para pekerjanya yang tinggi. Jika mereka memakai sepatu safety boots atau sepatu safety yang berat, maka mereka akan mudah lelah dan terasa sakit di kaki. Sedangkan para pekerja di cold storage (ruang pendingin) untuk industri pengolahan ikan membutuhkan safety boots berkualitas tinggi yang tahan dingin. Jika memakai sepatu safety kulit atau sepatu boots karet yang murah, maka akan mudah pecah dan akan membahayakan pemakainya.

Perawatan

Nah untuk perawatan ini yang sering dilupakan. Kita memakai safety shoes setiap hari selama sebulan, eh belum tentu seminggu sekali dibersihkan. Pantas saja sepatu safety kita cepat rusak. Padahal perawatannya sangat mudah lho. Jika selesai dipakai tinggal diangin-anginkan ditempat teduh. Apabila terkena lumpur, semen atau zat kimia segera dibasahi lalu disikat dengan sabun pencuci piring (sunlight, mama lemon). Setelah itu bilas dengan lap basah dan angin-anginkan di tempat teduh… JANGAN dijemur langsung dibawah terik matahari.

Bahan Baku Sepatu

Sepatu safety dengan bahan kulit asli tentu memiliki ketahanan lebih dibandingkan dengan bahan imitasi atau bahan lain. Kita bisa memilih sepatu safety dengan bahan paling nyaman sesuai dengan kebutuhan kita. Setiap bahan punya keunggulannya masing-masing. Jika kita bekerja di lingkungan beresiko tinggi, ada baiknya menggunakan safety shoes yang sudah memenuhi SNI karena ada jaminan kekuatan produk sesuai tes yang telah ditetapkan pemerintah.

Semoga artikel dari HILDAN SAFETY bermanfaat…

 

Untuk memudahkan Anda memilih sepatu safety sesuai budget dan kebutuhan, silahkan menghubungi kami di kontak berikut ini.

No.HP / WA : 0852 3311 1221, 0852 3408 9809, 0852 3311 1156.

Office : 0341-578742.

Email : info@jualsepatusafety.com & info@hildansafety.co.id

, ,