Hari Ini:

Rabu 07 Apr 2021

Jam Buka Toko:

Pkl 08.00 - 16.00 WIB

Telpon:

0341-578742
0852 3311 1221

SMS/Whatsapp:

+6285234089809

Email:

info@hildansafety.co.id

Anda dapat menambahkan widget disini

Pembayaran Melalui

Rek : 124-035-0277
An. HILDAN FATHONI
Rek : 144-00-1641-8912
An. PT.HILDAN FATHONI INDONESIA
Rek : 005-10-110-5646-502
An. HILDAN FATHONI

Apa Pentingnya Pakai Werpak bagi Para Pekerja Bangunan?

04 February 2021 - Kategori Blog

Werpak adalah pakaian kerja yang termasuk Alat Pelindung Diri (APD) yang sebenarnya wajib dipakai demi keselamatan diri sendiri dan orang lain!Untuk proyek-proyek skala besar, biasanya karena sudah masuk dalam pengawasan DepNaKer, para pekerja diharuskan menggunakan perlengkapan APD yang harus disiapkan oleh kontraktor.

Nama werpak berasal dari kata berbahasa Belanda, werkpak, yang artinya ‘pakaian kerja’ atau ‘pakaian untuk bekerja’. Biasalah, kita salah mendengar saat Toean-toean Belanda mengucapkannya doeleo, saat negeri kita ini masih didjadjah oleh Negeri Belanda.

Sama seperti kata ‘sempak’ untuk pakaian berenang. Asal katanya dari kata berbahasa Belanda, zwempak, yang artinya memang ‘baju renang’. Salah dengar dan sulit pengucapan sehingga salah kaprah. Tapi tetap bersyukur, salah kaprah ini banyak yang memperkaya khazanah Bahasa Indonesia. Hehehe.

Tujuan penggunaan werpak bagi pekerja bangunan adalah Sebagai pelindung tubuh dari hal-hal yang membahayakan saat bekerja dan mengurangi risiko terluka saat terjadi kecelakaan kerja. Selain itu juga sebagai identitas pekerja. Baik dengan warna, logo atau tulisan pada werpak untuk membedakan kelompok pekerja dengan jenis pekerjaan atau jabatan tertentu.

Berarti fungsi utama werpak adalah pakaian pelindung bagi penggunanya. Werpak umumnya berbentuk satu pakaian terusan (kemeja dan celana menjadi satu) atau disebut dengan overall dan biasanya memiliki banyak saku di sisi kiri dan kanan, baik di bagian kemeja atau celana. Biasanya werpak dibuat dari bahan yang lebih kuat dan tebal sehingga tidak mudah sobek dibandingkan pakaian biasa. Jenis bahan biasanya disesuaikan dengan tingkat atau fungsi perlindungannya. Bahan-bahan khusus seperti bahan tahan api (flame retardant), tahan air (water repellent) dan sebagainya digunakan sesuai tingkat perlindungan, jenis pekerjaan serta jenis medan kerjanya.

Jadi sudah paham kan Pentingnya Pakai Werpak bagi Para Pekerja Bangunan? Semoga kita semua dalam lindungan-Nya ya rekan-rekan. Salam Safety. HILDAN SAFETY!!

, , , , , , , , , , , , , , , , ,